Terlambat Datang Bulan

0
736

Terlambat datang bulan? Ini penyebabnya!

Wanita adalah makhluk tuhan yang paling sempurna dengan rasa dan kasih sayang yang dua kali lebih tinggi dibandingkan lelaki. Itulah mengapa wanita kerap kali sensitif hatinya hanya karena berbagai problematika yang datang silih berganti. Tidak hanya masalah pribadi, namun permasalahan psikis seringkali menjadi faktor utama stres. Stres menjadi masalah yang serius karena dampaknya yang dinilai buruk bagi kesehatan, salah satu efeknya adalah menghambat pengeluaran darah kotor yang dikenal dengan istilah menstruasi. Ya, proses yang biasanya datang setiap sebulan sekali tersebut adalah proses yang dimaklumi oleh seluruh wanita. Namun, bila ternyata anda tidak mengalami menstruasi hingga satu bulan penuh apa yang harus dilakukan? Menstruasi terjadi karena peluruhan dinding bagian dalam rahim. Ovarium secara teratur menghasilkan sel telur, yang mana jika tidak dibuahi akan memberikan sinyal pada rahim untuk memulai proses menstruasi tersebut. Jika ovarium terlambat menghasilkan sel telur maka akan terlambat pula sinyal yang dikirimkan ke rahim.

Terlambat Bulan newKeterlambatan menstruasi biasanya diindikasikan sebagai tanda-tanda kehamilan oleh beberapa wanita yang panik karena kondisi tersebut. namun, jangan buru-buru mengambil kesimpulan sendiri karena bisa jadi hal itu disebabkan oleh faktor lain. Yuk kita intip ulasan berikut ini :

  1. Faktor usia

Pada usia remaja tubuh akan menyesuaikan perubahan hormon yang berkembang. Sehingga hal ini menjadi penyebab telat datang bulan pada sebagian remaja. Kendati demikian, pada usia lanjut tubuh akan mengalami menopause dimana anda tidak akan mengalami menstruasi lagi

  1. Stress

Stres adalah salah satu faktor utama terlambat datang bulan. Mengapa demikian? Karena pada saat stress tubuh akan mengalami keseimbangan dengan hormon yang menyebabkan terlambatnya ovulasi.

  1. Berat badan

Perhatikan berat badan anda, apakah termasuk ideal atau tidak? Berat badan yang tidak ideal akan membuat tubuh mengalami ketidakseimbangan sehingga pada tahap ini anda akan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Hal ini tentunya akan mempersulit wanita untuk menghitung masa subur ketika mempersiapkan kehamilan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here