Terlambat Datang Bulan, Hamil?

0
801

Terlambat Datang Bulan, Hamil?

Kehamilan pada seorang wanita biasanya terjadi setelah 10 hari berhubungan seksual dan biasanya dapat terlihat setelah 7 hari masa pembuahan. Banyak wanita yang menyangka dan bertanya-tanya ketika terlambat datang bulan apakah pertanda hamil. Terlambat datang bulan merupaka salah satu ciri yang dapat dirasakan dengan mudah ketika datang kehamilan. Meski begitu, datangnya kehamilan bukan merupakan faktor utama yang menyebabkan seorang wanita mengalami terlambat datang bulan. Jika anda mengalam terlambat datang bulan anda dapat mengecek urine anda menggunakan test pack. Pada urine anda terdapat hormon yang bisa menunjukan terjadinya pembuahan pada rahim atau tidak. Hal tersebut akan muncul pada test pack yang anda gunakan biasanya muncul hasil dua garis jika memang terjadi pembuahan pada rahim anda atau muncul hasil satu garis yang berarti anda tidak hamil. Jika anda masih ragu dengan hasil pada test pack tersebut atau memang hasilnya berbayang, mungkin anda bisa langsung mendatangi dan berkonsultasi pada bidan atau dokter untuk pengecekan lebih lanjut.

Jika memang hasilnya negatif atau anda dinyatakan tidak hamil, berarti ada faktor lain yang menyebabkan anda mengalami terlambat datang bulan. Karena masih banyak faktor yang lain yang perlu anda ketahui, khususnya bagi para wanita, agar lebih memahami kondisi tubuh dan mencegah terjadinya terlambat datang bulan. Faktor yang memiliki dampak paling besar adalah faktor gaya hidup yang dijalani oleh seorang wanita. Gaya hidup memiliki faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Jika seseorang, baik pria maupun wanita, menjalani gaya hidup yang sehat maka kondisi tubuh juga akan menjadi lebih prima dan kerja organ pada tubuhnya juga menjadi lebih optimal. Maka dari itu hal tersebut juga sangat mempengaruhi siklus datang bulan pada wanita dimana seorang tubuh seorang wanita harus dalam kondisi yang baik agar memiliki siklus datang bulan yang teratur.

Kondisi psikis juga sangat mempengaruhi siklus datang bulan. Para remaja yang biasanya memiliki segudang kegiatan atau para wanita karir yang memiliki setumpuk pekerjaan biasanya akan sangat disibukan dengan hal-hal tersebut. Oleh sebab itu, mereka mudah sekali kelelahan dan terkena stress sehingga kondisi kesehatan fisiknya juga semakin menurun. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah terserang berbagai penyakit. Selain itu, sering kelelahan dan stress berat merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan hormon pada tubuh sehingga dapat mempengaruhi siklus datang bulan. Untuk menghindari hal tersebut, wanita harus memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Meski banyak kegiatan dan pekerjaan menumpuk, wanita harus menyempatkan diri untuk melakukan olahraga setiap harinya meskipun hanya dengan olahraga yang ringan.

Selain itu, untuk mengurangi dampak buruk stress dan kelelahan, memilih makanan yang bergizi setiap harinya juga harus dilakukan. Berdasarkan apa yang telah disebutkan diatas, maka anda perlu untuk menambah informasi lagi mengenai faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya terlambat datang bulan. Karena masih banyak sekali faktor lainnya yang perlu anda ketahui atau mungkin belum anda sadari. Hal terebut penting karena akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh anda. Jika anda mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya terlambat datang bulan, maka anda dapat mencegah hal tersebut terjadi. Sehingga anda dapat memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan siklus datang bulan yang lebih teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here