Telat Haid Tapi Test Pack Negatif

0
1187

Telat Haid Tapi Test Pack Negatif

Datang bulan seharusnya dirasakan oleh setiap wanita secara rutin setiap bulannya. Meski begitu, banyak juga wanita yang tidak merasakan siklus datang bulan secara rutin. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang paling banyak diketahui adalah terlambat datang bulan yang disebabkan oleh adanya penebalan dinding rahim karena terjadinya pembuahan sehingga dinding rahim tidak mengalami proses peluruhan dan menjadi darah haid. Jika keterlambatan datang bulan yang dialami disebabkan oleh adanya proses kehamilan, anda dapat memeriksanuya dengan melakukan tes pada urine anda menggunakan test pack. Jika benar terjadi kehamilan, urine anda akan mengandung hormon yang dapat memunculkan hasil positif dengan dua garis pada test pack. Namun apa jadinya bila yang terjadi adalah terlambat datang bulan hasil test pack negative? Jika hal ini yang terjadi pada anda, maka anda harus mencari tahu lebih dalam apa saja faktor yang menyebabkan terlambat datang bulan.

Ada beberapa faktor yang bisa mengganggu siklus datang bulan anda dan menyebabkan anda mengalami terlambat datang bulan. Seperti adanya penyakit atau gangguan yang dapat menghambat proses peluruhan dinding rahim sampai keluarnya melalui saluran vagina dan menjadi darah haid. Misalnya sindrom ovarioum polikistik atau biasa disebut juga sebagai PCOS (Polycystic ovary syndrome). Pada kondisi ini, wanita mengalami produksi hormon yang tidak seimbang sehingga kadar hormon Androgen-Testosteron (hormon pria) diproduksi lebih banyak daripada hormon wanitanya yaitu Progesteron dan Estrogen. Pada kondisi sindrom ini, tidak terdapat proses terjadinya peluruhan dinding rahim dan sel telur. Hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon yang berdampak pada tidak terjadi perdarahan yang keluar lewat saluran vagina atau datang bulan. Kondisi ini adalah salah satu faktor yang juga dapat menyebabkan seorang wanita mengalami terlambat datang bulan.

Gangguan lain yang dapat diderita seorang wanita dan menyebabkan terlambat datang bulan adalah adanya gangguan tiroid pada tubuh seorang wanita. Dimana kelenjar tiroid adalah kelenjar yang dapat mengendalikan sistem metabolisme pada tubuh seseorang sehingga jika kelenjar ini tidak dapat melakukan aktifitas secara optimal maka akan mempengaruhi kerja hormon yang memproses terjadinya datang bulan. Maka dari itu, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya terlambat datang bulan. Jika anda mengalami terlambat datang bulan namun tidak mengalami kehamilan, ada dugaan bahwa anda mengalami gangguan-gangguan yang telah disebutkan tadi. Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan dan melakukan pengecekan tubuh lebih lanjut sehingga anda dapat mengetahui apa yang terjadi pada tubuh anda.

Selain gangguan yang telah disebutkan, terlambat datang bulan juga dapat terjadi karena gangguan lainnya yang sangat berhubungan gaya hidup yang anda jalani. Misalnya jika anda jarang melakukan olahraga atau kurang mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gizi yang cukup bagi tubuh anda maka anda juga dapat mengalami terlambat datang bulan. Tentunya hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan organ tubuh anda, dimana jika tubuh anda dalam kondisi yang kurang baik maka tubuh anda dianggap tidak siap untuk melakukan proses tertentu termasuk aktifitas peluruhan dinding rahim hingga datang bulan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi anda khususnya para wanita untuk terus menjalankan pola hidup yang sehat dengan gizi yang cukup setiap harinya agar dapat memiliki siklus datang bulan yang lebih teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here