Tanda Wanita Akan Hamil Setelah Berhubungan Intim

0
94
Tanda Wanita Akan Hamil Setelah Berhubungan Intim
tanda tanda hamil 1 hari

Artikel kali ini tentang tanda wanita akan hamil setelah berhubungan intim pasti ditunggu-tunggu oleh pembaca terlambat-bulan.com. Mungkin ada yang bertanya “memangnya setelah berhubungan intim bisa langsung ketahuan hamil atau nggak?,”. Kalau bertanya tentang tanda mau hamil itu sulit untuk dijawab namun kalau bicara tentang ciri hamil muda tentu sudah bisa terdeteksi sejak minggu pertama kehamilan. Oleh karena itu, baca terus sampai selesai yah :).
Kehadiran anak menjadi momen yang ditunggu oleh setiap pasangan suami istri. Tentu menjadi hal sebaliknya untuk pasangan yang belum syah secara agama maupun administrasi negara. Tak jarang wanita yang mengira dirinya hamil padahal sebenarnya dia tidak hamil meski sebenarnya ciri-ciri hamil muda sudah terlihat. Telat menstruasi selalu menjadi salah satu tanda kehamilan, padahal sebenarnya tanda kehamilan bukan hanya itu saja.

Sebenarnya apa saja sih ciri-ciri akan hamil itu? Baiklah mari kita kupas tanda wanita akan hamil setelah berhubungan intim dengan pasangannya.

Terjadinya Perubahan Pada Bagian Tubuh Tertentu

Tanda pertama wanita akan hamil adalah terjadinya perubahan bentuk tubuh pada bagian-bagian tertentu. Perubahan perut adalah salah satu gejala kehamilan yang tak mungkin bisa dipungkiri, terutama saat kehamilan sudah berusia 4 bulan ke atas. Seiring bertambahnya usia kehamilan, tak hanya bagian perut yang mengalami perubahan tetapi bagian lengan, paha dan bokong juga berubah. Maka tak heran jika wanita sedang hamil terlihat lebih gemuk, hal ini juga didukung sering lapar karena konsumsi makanan yang masuk terbagi dengan janin yang ada dalam rahim ibu.

Perubahan Payudara Menjadi Lebih Besar

Perubahan pada payudara adalah tanda berikutnya wanita akan hamil. Di saat menjalani kehamilan, payudara akan menjadi lebih besar, kencang dan nyeri saat disentuh. Perubahan payudara ini sudah mulai terjadi sejak minggu pertama kehamilan sebagai persiapan tubuh secara alami untuk persiapan dalam memproduksi air susu. Adapun pemicu terjadi perubahan payudara adalah peningkatan hormon esterogen dan progesterone.

Tak hanya mengalami perubahan bentuk, payurdara ibu hamil berubah menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, bahkan hanya tersentuh kain bra saja sudah terasa tidak nyaman. Selain itu, payudara ibu hamil juga menjadi lebih lembut daripada sebelum hamil. Pada beberapa wanita biasanya puting menjadi lebih gelap dan membesar.

Sering Mengalami Kelelahan Ketika Beraktivitas

Tanda-tanda wanita akan hamil berikutnya adalah badan terasa mudah lelah walaupun tidak habis melakukan aktivitas. Hal ini lah yang membuat minggu-minggu pertama kehamilan atau awal kehamilan dijalani oleh ibu hamil dengan malas dan ingin tidur saja.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, tubuh ibu hamil akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kondisi ini lah yang akhirnya membuat wanita hamil merasa mudah lelah dan mengantuk meski sudah banyak beristirahat.

Lebih Sering BAK Daripada Biasanya

Janin yang ada di dalam rahim ibu hamil semakin hari semakin bertambah besar sehingga butuh ruang yang lebih luas. Semakin bertambahnya usia kehamilan membuat kandung kemih ibu hamil tertekan hingga akhirnya membuat frekuensi berkemih ibu hamil mengalami peningkatan. Meski terasa tidak nyaman, sebaiknya ibu hamil tidak menahan kencing. Jangan pula mengurangi minum karena malas pergi ke kamar mandi, salah-salah malah dehidrasi dan lebih membahayakan bagi ibu maupun janinnya.

Terkadang yang membuat wanita malas menghadapi fase ini adalah air kencing yang dikeluarkan hanya sedikit, bahkan mungkin tidak. Hal ini disebabkan karena kandung kemih ibu terdorong oleh janin seperti yangtelah disebutkan diatas.

Sering Mual Terkadang Disertai Muntah

Mual adalah tanda-tanda kehamilan yang paling umum terjadi pada wanita hamil meski sebenarnya tidak semua hamil mengalaminya. Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness) adalah hal lumrah terjadi pada wanita hamil. Mual muntah ini biasa terjadi selama usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama).

Apabila mual dan muntah masih tetap terasa pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau bidan untuk memastikan kesehatan kehamilan Anda. Perut mual yang dialami oleh ibu hamil ini biasanya dibarengi dengan sensitivitas indra penciuman yang semakin meningkat. Ketika ibu hamil mencium bau rokok, kopi, makanan dan minyak wangi maka rasa mual pun semakin menjadi-jadi. Beberapa mitos menyatakan kalau ini adalah bawaan bayi.

Mengalami Flek Darah

Bercak darah adalah salah satu ciri-ciri hamil yang jarang disadari. Banyak orang mengira flek darah ini adalah darah haid padahal sebenarnya dilihat dari warnanya saja sudah terlihat jauh berbeda. Jika kamu mengalami ini jangan panik karena hal ini adalah normal tanda wanita akan hamil. Konsultasikan dengan dokter kandungan kamu jika anda merasa kurang nyaman dengan flek.

Sakit Kepala

Tanda-tanda wanita hamil selanjutnya adalah rasa sakit di bagian kepala (pusing). Pusing saat hamil muda ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah akibat perubahan hormonal. Pusing saat hamil muda terasa gamang mirip saat anda sedang berdiri di kapal. Hal ini berhubungan juga dengan tanda-tanda diatas, menjadikan ibu lebih malas dan cepat lelah. Wanita hamil lebih nyaman rebahan dan tiduran karena masalah-masalah ini.

Dokter biasanya menyarankan ibu untuk mengurangi aktivitasnya ketika hamil muda untuk meminimalkan resiko keguguran. Pusing atau lelah di kondisi yang salah bisa meningkatkan resiko ibu terjatuh atau hal mengerikan lainnya.

Sering Meludah

Perubahan hormon esterogen membuat ibu hamil muda trimester pertama sering merasa ingin meludah. Seiring berjalannya waktu kehamilan, gejala hamil ini akan hilang dengan sendirinya. Tanda wanita hamil yang satu ini terlihat aneh namun bisa dijelaskan secara medis. Ibu tidak perlu menahannya dan jika malas, dekatkan tampolong atau ember di tempat tidur atau kursi. Cara lainnya adalah dengan mengulum permen, cara ini dijamin berhasil.

Ngidam

Ngidam adalah salah satu gejala hamil muda yang sering terjadi. Makanan yang dulu sebelum hamil sangat disukai, mungkin sekarang menjadi sangat diinginkan. Entah apa yang menyebabkan ciri hamil ini tapi kenyataanya memang demikian. Banyak juga yang mengatakan kalau ini hanyalah mitos.

Eh sebelum lebih jauh apakah kamu tahu artinya ngidam? Ngidam adalah perasaan menginginkan sesuatu yang berlebih, bahkan bisa dikatakan harus dipenuhi. Tidak melulu makanan yang diinginkan, bisa saja misalnya ngidam naik mobil atau ingin mobil baru (bisa repot sang ayah kalau ngidam ini).

Mitos orangtua kalau wanita hamil ngidam harus dipenuhi oleh ayahnya karena kalau tidak anaknya bisa terlahir ngacay atau mengeluarkan air liur terus

Muncul gejala seperti saat PMS

Tak hanya saat mau haid saja gejala PMS muncul, tapi gejala PMS juga muncul di awal masa kehamilan seperti pinggang sakit, perut kembung, nyeri payudara, mudah emosi dan lain-lain.
Semoga artikel tanda wanita akan hamil setelah berhubungan intim ini bisa bermanfaat bagi kamu, khususnya pasangan muda. Nikmati gejala-gejala diatas dengan sukahati karena meski terasa membosankan namun akan terbayarkan ketika si jabang bayi sudah terlihat. Mendengar tangisan pertamanya adalah hal yang sangat ditunggu, suara paling merdul yang pernah kamu dengar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here