Mengatasi Telat Haid

0
430
Telat Haid

Mengatasi Telat Haid

Telat Haid
Telat Haid

Untuk para wanita, terlebih yang masih berumur produktif, masa hadi merupakan masa masa yang mungkin menyakitkan, terlebih menjengkelkan karena mood wanita tersebut menjadi terganggu. Namun jika anda yang belum memiliki pasangan, lalu mengalami telat haid, pastinya akan memiliki bad feeling terhadap keadaan tubuh. Karena memang jika anda mengalami terlambat datang bulan, berarti di dalam tubuh anda ada sesuatu sebagai penyebabnya.

Penyebab terjadinya Telat Haid

Jika anda baru pertama kali mengalami merasakan telat haid, jangan terlalu khawatir, anda bisa mencari tahu sendiri penyebab anda mengalami telat haid. Dan pastinya anda bisa mengatasi telat haid anda jika mengetahui penyebabnya.

  1. Stress. Stres merupakan salah satu hal yang patut setiap wanita waspadai, karena memang hanya karna faktor psikologis seperti stres lah anda bisa mengalami telat haid. Stres dapat mempengaruhi siklus haid, dikarnakan tubuh yang stres akan mengurangi produksi dari hormon GnRH yang menyebabkan wanita tidak menjadi haid. Mengatasi telat haid karena ini tentunya sangat mudah, buatlah hal hal yang menyenangkan pada diri anda, sehingga tekanan karna stres akan dapat dikurangi.

  2. Anda sedang mengalami demam atau flu ? hal tersebut mungkin menjadi penyebab utama anda menjadi telat haid. Dengan menyembuhkan penyakit ini, siklus haid anda akan menjadi teratur kembali.

  3. Peruban pola hidup juga menjadi alasan lainnya yang membuat anda bisa mengalami telat haid. Namun hal ini bukan menyebabkan telat haid, namun lebih kearah penyesuaian keadaan tubuh, dengan siklus haid. Akan kembali normal jika pola hidup juga telah menjadi normal.

  4. Mengkonsumsi obat obatan. Obat obatan banyak yang terbuat dari bahan kimia yang mungkin tidak cocok untuk tubuh anda para wanita, mengkonsumi obat obatan untuk pilek, penyakit gatal, atau penyakit apapun bisa saja mempengaruhi hormon dalam tubuh, sehingga mengakibatkan telat datang bulan

  5. Perubahan berat badan. Perubahan berat badan juga bisa mengganggu siklus teratur haid anda loh.

  6. Salah melakukan perhitungan. Siklus mens setiap wanita akan berbeda, dan menyebabkan setiap individu wajib memperhitungkan sendiri siklus menstruasi yang dimilikinya. Banyak sekali memang wanita yang salah salah hitung, sehingga menganggap mengalami telat haid.

  7. Pra Menopause dan menopause. Bagi anda wanita yang telah masuk ke usia yang sudah bisa dibilang tua, terlebih mau masuk ke menopause, dimana tidak akan mengalami haid lagi, ketidak teraturan akan mulai terjadi.

  8. Hamil. Kehamilan biasanya akan menjadi penyebab utama, bagi para kaula muda mengalami telat datang bulan. Tentunya kehamilan ini bisa dikehendaki ataupun tidak dikehendaki oleh sang wanita.

Mengatasi Telat Haid dengan ramuan alami

Selain menyembuhkan telat haid dengan mengatasi dilihat dari penyebab utama telat datang bulan tersebut, anda juga bisa mengatsi telat haid dengan ramuan alami yang pastinya ramuan ramuan ini bisa anda coba dan buat sendiri. Berbagai ramuan tersebut antara lain :

  1. Menggunakan daun pepaya sebagai bahan utamanya. Banyak memang yang menggunakan daun pepaya sebagai lalapan, namun juga banyak yang membencinya karena memang rasanya yang pahit. Namun bagi anda yang mengalami telat haid, lebih dari satu bulan, bisa mencoba ramuan ini. Caranya cukup mudah, yaitu anda bisa mengambil beberapa helai daun pepaya yang masih segar, cuci hingga bersih. Kemudian, rebuslah dengan tiga gelar air, hingga mendapati air tersebut hanya menjadi segelas air saja. Anda bisa mengkonsumsinya sehari satu kali untuk efek yang cepat.

  2. Cara yang kedua, terbilang masih mudah untuk mendapatkan bahannya, yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memang sangat mudah sekali untuk ditemui sebagai bumbu dapur. Cara untuk membuat ramuan ini juga terbilang mudah, anda hanya perlu menyiapkan satu buah jeruk nipis, peras hingga airnya tidak tersisa, kemudian, anda bisa menambahkan dengan dua sendok madu dan dua gelas air. Aduk rata dan minum dua kali sehari.

  3. Menggunakan daun alpukat. Pohon alpukat tentunya sangat mudah untuk dicari, apalagi hanya sekedar daunnya saja, cara membuat ramuannya cukup mudah. Siapkan enam lembar daun alpukat. Cuci hingga bersih daun ini. Setelah itu, anda bisa merebus keenam daun ini dengan dua gelas air mineral. Rebus hingga 15 menit, setelah itu saring air tersebut. Dan kemudian minum air saringannya. Pastikan anda meminumnya secara rutin untuk mendapatkan efek yang baik bagi tubuh.

Selain dari ramuan ramuan tersebut, telat haid juga bisa diatasi dengan melakukan olahraga yang cukup, dan istirahat yang cukup. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh, sehingga tubuh senantiasa sehat selalu.

Telat Haid karna Kehamilan

Anda mengalami telat haid ? terlebih setelah melakukan hubungan badan beberapa waktu sebelumnya ? bisa jadi anda mengalami kehamilan. Tentunya bagi anda yang merasa menunggu menunggu calon anak tidak menjadi masalah, namun bagi anda yang masih pelajar contohnya, atau memang hubungan tersebut dilakukan di luar nikah, atau karena kejadian yang tidak disangka sangka sebelumnya, apakah kehamilan ini menjadi pertanda yang baik ? tentunya tidak. Dan hal ini malah bisa membuat psikologi dari wanita yang mengalami telat haid ini menjadi terganggu. Terlebih jika memang hamil, maka mood yang ada pada wanita tersebut sudah pasti akan naik turun, dan berubah ubah setiap waktunya.

Mengatasi telat haid karena kehamilan menjadi salah satu prioritas setiap pasangan yang tidak menginginkan janin yang dikandungnya. Ada banyak sekali cara yang bisa dicoba setiap pasangan ini untuk mengatasi telat haid. Cara tersebut ada yang alami, sehingga akan mengalami keguguran secara alami. Mengatasi telat haid karena kehamilan juga tidak sembarangan bisa diatasi dengan ramuan ramuan yang telah disebutkan sebelumnya, karena memang ada perbedaan mencolok penyebabnya.

  1. Menggunakan bahan bahan alami untuk mengatasi telat haid karena kehamilan. Anda bisa mengatasi telat haid karena kehamilan menggunakan bahan bahan yang alami, contohnya, jika sebelumnya menggunakan daun pepaya, untuk mengatasi telat haid karena hal ini, anda bisa menggunakan buah pepaya muda yang dikonsumsi secara rutin, untuk mendapatkan efek keguguran. Anda juga bisa menggunakan nanas muda, yang anda konsumsi secara rutin untuk mendapatkan efeknya. Kedua buah ini memang sudah dikenal dapat memperlambat perkembangan janin yang ada pada tubuh, sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus, ada kemungkinan untuk keguguran alami.

  2. Menggunakan obat penggugur kandungan. Sekarang ini ada banyak sekali obat untuk menggugurkan kandungan. Anda bisa mencarinya di apotik atau di dunia maya, karena memang efek obat yang tidak terlalu berbahaya untuk tubuh. Biasanya cara ini dipilih karena sangat cepat sekali untuk membuat keguguran terjadi. Dalam hitungan jam saja, perut sudah bisa berkontraksi untuk mengeluarkan janin yang menjadi penyebab telat haid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here