Masalah Haid dan Solusinya

0
2

Masalah Haid dan Solusinya

Datang bulan merupakan agenda wajib yang harus dilalui oleh wanita setiap bulannya. Proses datang bulan dapat terjadi kepada wanita yang beranjak remaja. Datang bulan juga merupakan suatu hal yang menandakan proses kedewasaan dan kematangan tubuh seorang wanita yang biasanya juga ditandai dengan ukuran payudara yang membesar. Pada masa ini, wanita akan mengalami yang namanya menstruasi atau keluarnya darah saluran vagina yang terjadi karena peluruhan dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. Biasanya wanita yang beranjak dewasa mengalami hal ini pertama kali pada usia sekitar 10 sampai 12 tahun namun tidak menutup kemungkinan hal ini juga dapat terjadi diluar kisaran umur tersebut, bisa lebih atau kurang dari itu tergantung pada kondisi tubuh masing-masing wanita. Pada umur sekitar 17 tahun, para remaja wanita biasanya sudah mendapati siklus haid yang lebih teratur.

Namun ada juga pernasalahan yang harus diketahui para wanita yang sudah mendapati siklus haid yaitu permasalahan tentang siklus haid yang menjadi lebih panjang atau bisa juga dikatakan mengalami terlambat datang bulan. Banyak yang bertanya-tanya tentang terlambat datang bulan apa penyebabnya. Oleh sebab itu, para wanita, khususnya bagi para remaja harus dibekali dengan ilmu pengetahuan yang cukup seputar datang bulan agar mereka dapat mencegah terjadinya terlambat datang bulan sedini mungkin. Para wanita yang sudah mendapati datang bulan, baik bagi remaja atau juga wanita dewasa yang sudah menikah harus memahami apa saja yang dapat terjadi ketika datang bulan, kapan masa subur yang dapat dialami seorang perempuan, apa faktor yang dapat mempengaruhi keterlambatan datang bulan dan juga bagaimana solusi untuk mencegah atau memperbaiki siklus datang bulan yang menjadi lebih panjang.

Banyak wanita yang panik ketika tidak mendapati masa datang bulannya dan mengira sedang hamil karena terlambat datang bulan. Memang salah satu ciri datangnya kehamilan adalah terlambat datang bulan namun meski begitu kehamilan bukan faktor utama yang menyebabkan anda memiliki siklus haid yang lebih panjang. Banyak faktor lain yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih panjang. Misalnya faktor konsumsi obat dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat mempengaruhi produksi hormon pada tubuh sehingga memiliki pengaruh besar terhadap terjadinya siklus datang bulan. Sering merokok dan meminum minuman beralkohol juga memiliki dampak yang besar, selain sangat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh, hal tersebut dapat mengganggu kadar hormon dalam tubuh dan proses datang bulan. Maka bagi wanita yang merokok dan sering meminum minuman beralkohol, sangat besar kemungkinan terjadinya terlambat datang bulan.

Oleh sebab itu, untuk para wanita baik yang masih remaja maupun wanita dewasa harus selalu menajaga kesehatan tubuhnya dengan menjaga pola hidup yang lebih sehat. Dengan menjauhi hal-hal berbahaya seperti rokok dan minuman beralkohol akan sangat membantu untuk membuat tubuh jauh lebih sehat. Melakukan olahraga rutin juga sangatlah penting mengingat olahraga dapat meningkatkan kerja organ tubuh sehingga dapat bekerja lebih optimal. Banyak mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari dan meminum air mineral minimal 2 liter setiap hari juga mampu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh yang akan sangat membantu dalam pembentukan hormon, proses peluruhan dinding rahim dan melancarkan keluarnya darah datang bulan. Sehingga dengan pola hidup yang lebih sehat, wanita akan memiliki siklus datang bulan yang normal dan lebih teratur.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here