Keluhan Ketika Terlambat Datang Bulan

Bagikan Ke

Keluhan Ketika Terlambat Datang Bulan

Apa saja akibat terlambat datang bulan yang anda ketahui? Meski terlambat datang bulan biasanya sering diartikan terjadinya pembuahan atau wanita yang terlambat datang bulan dalam keadaan hamil, namun hal tersebut bukan salah satu faktor terjadinya datang bulan. Kehamilan dapat anda cek menggunakan test pack minimal 10 hari setelah berhubungan seks atau 7 hari setelah anda terlambat datang bulan. Jika hasilnya negatif, berarti ada faktor lain yang menghambat keluarnya darah haid dari saluran vagina anda. Jadi, keterlambatan datang bulan bukan hanya karena anda mendapatkan kehamilan tapi juga bisa jadi ada sesuatu yang terjadi pada tubuh anda. Karena masih banyak sekali wanita yang belum menyadari akan pentingnya menjaga pola hidup padahal gaya hidup apalgi bagi seorang wanita bukan hanya berpengaruh kepada kesehatan tubuh saja namun juga akan sangat berpengaruh kepada siklus datang bulannya.

Memang biasanya pada setiap wanita akan mengalami jangka waktu siklus haid yang berbeda-beda karena berbagai faktor yang mempengaruhi namun rata-rata siklus datang bulan terjadi sekitar 21 sampai dengan 35 hari. Namun siklus tersebut bisa jadi lebih panjang karena berbagai faktor yang berhubungan dengan pola hidup yang tidak sehat atau bisa juga karena penyakit tertentu. Oleh sebab itu, jika perubahan siklus haid yang menjadi lebih panjang yang tidak dikarenakan adanya gaya hidup yang tidak sehat atau adanya aktifitas yang sangat melelahkan, maka bagi anda yang mengalaminya harus segera berkonsultasi kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut penyebab terjadinya terlambat datang bulan karena hal tersebut bisa jadi ada sesuatu yang terjadi pada tubuh anda dan mungkin juga dapat membahayakan bagi tubuh anda.

Karena darah haid tidak keluar artinya wanita tersebut tidak mendapati masa datang bulannya maka siklus datang bulan juga semakin panjang, Kebanyakan wanita akan merasakan keluhan yang sama seperti pada masa Premenstrual Syndrome jika masa haidnya tidak datang. Para wanita yang terlambat datang bulan atau tidak mendapat masa haid seperti biasanya akan merasakan kegelisahan yang juga menyebabkan perasaan yang uring-uringan. Hal ini sangat mempengaruhi emosi sang wanita hingga menjadi lebih sensitif terhadap sesuatu hal seperti lebih mudah meluapkan kesedihannya atau lebih cepat marah. Selain itu, ada beberapa wanita yang terlambat datang bulan biasanya akan merasa nyeri pada perut yang biasa juga dirasakan ketika sedang datang bulan meski darah hadinya tidak keluar. Banyak juga wanita yang cepat merasa kelelahan ketika terlambat datang bulan.

Selain dampak ketika terlambat datang bulan yang sudah disebutkan diatas, ada dampak lain yang juga dirasakan oleh beberapa wanita yang tidak mendapati masa haidnya atau memiliki siklus haid yang lebih panjang. Dampak lainnya adalah nafsu makan semakin bertambah. Beberapa wanita merasakan emosinya menjadi lebih sensitif juga cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar. Hal ini dapat sangat mempengaruhi perubahan pada bentuk tubuh seseorang bahkan bisa jadi menyebabkan obesitas. Berhubungan dengan hal tersebut, akan terjadi menurunnya percaya diri pada wanita yang mengalami hal tersebut. Namun tidak sedikit pula wanita yang justru mengalami hal yang sebaliknya yaitu nafsu makan yang berkurang. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh pada penurunan atau penambangan berat badan seseorang. Jadi mulailah gaya hidup yang lebih baik agar dapat memiliki tubuh yang sehat dan siklus haid yang lebih teratur.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *