Haid Telat, Apakah Hamil?

0
68

Haid Telat, Apakah Hamil?

Salah satu ciri datangnya kehamilan pada seorang wanita yang paling mudah disadari adalah ketika terlambat datang bulan. Meski begitu, kehamilan seseorang bukan berarti menjadi satu-satunya penyebab seorang wanita terlambat datang bulan karena terlambat bulan tapi tidak hamil banyak sekali dialami oleh para wanita. Banyak faktor yang menyebabkan keterlambatan datang bulan pada wanita. Faktor utama yang sangat mempengaruhi ialah gaya hidup yang dijalani wanita tersebut dan bisa juga faktor penyakit yang diderita oleh sang wanita namun mungkin belum ia sadari. Penyakit yang dapat menghambat keluarnya datang bulan pada wanita ini biasanya penyakit yang cukup berbahaya bagi kondisi wanita tersebut. Oleh sebab itu, para wanita diharapkan agar lebih memperhatikan siklus haidnya dan memperbaiki gaya hidupnya agar dapat mencegah beberapa faktor yang memungkinkan dalam menghambat proses datang bulan.

Salah satu gaya hidup tidak sehat yang dapat sangat mempengaruhi siklus haid sehingga terjadinya telat datang bulan adalah mengkonsumsi asupan yang kurang bernutrisi setiap harinya. Tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi setiap harinya seperti protein, karbohidrat, berbagai jenis vitamin, lemak, zat besi, kalsium. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh seperti ikan, daging, sayuran, buah, kacang-kacangan dan susu. Minum air mineral yang cukup sangat diperlukan, minimal 2 liter per harinya untuk remaja dan dewasa yang dalam keadaan sehat. Jika hal-hal yang telah disebutkan tadi tidak dilakukan setiap harinya dan diganti dengan asupan yang kurang bergizi, maka tingkat kesehatan pada tubuh akan menurun dan mempengaruhi produksi hormon yang harusnya mencapai kadar tertentu. Hal inilah yang sangat berpengaruh dalam proses peluruhan dinding rahim yang akan menjadi darah haid, sehingga siklus haid menjadi lebih panjang.

Selain itu, hal lain yang mempengaruhi proses datang bulan adalah menjalankan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga rutin setiap harinya. Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan baik bagi pria maupun wanita. Dalam berolahraga, tubuh akan memacu kinerja organ tubuh yang akan membuatnya semakin baik. Dengan melakukan olahraga ringan namun dilakukan dengan rutin, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terasa lebih segar serta bertenaga. Biasanya para wanita, apalagi remaja dan wanita yang sudah bekerja, sulit untuk menemukan waktu yang pas untuk melakukan olahraga. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi terasa mudah lelah dan membuat kerja oran menajdi kurang maksimal. Sehingga, tubuh tidak dapat merespon dengan baik untuk memproduksi hormone dan melakukan proses datang bulan karena dianggap tubuh belum siap untuk melakukan aktifitas tersebut. Maka dari itu, hal ini juga memiliki dampak besar dalam terjadinya terlambat datang bulan.

Dengan melakukan gaya hidup yang sehat, memilih asupan yang bernutrisi setiap harinya dan melakukan olahraga rutin dapat memiliki banyak dampak positif pada tubuh. Selain membantu anda untuk memiliki siklus datang bulan yang lebih teratur hal-hal tersebut juga akan menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh anda. Makanan yang bernutrisi dapat membuat anda lebih sehat dan memiliki berat badan yang dapat terkontrol sehingga menjauhi kemungkinan obesitas. Berat badan berlebih atau obesitas juga cenderung memiliki dampak negatif yang mengakibatkan terlambat datang bulan. Berolahraga secara rutin juga dapat memperbaiki pola tidur anda sehingga anda dapat memiliki kualitas tidur yang lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here