Faktor Haid Tidak Teratur

Bagikan Ke

Faktor haid tidak teratur bisa menjadi penghalang wanita dalam beraktivitas. Seperti biasanya, ketika haid emosi kita kurang bisa terkontrol. Moody kalau istilah kids jaman now. Oleh karena itu, sudah sepantasnya lah kita menggali informasi tentang hal ini

Beberapa Faktor Haid Tidak Teratur Pada Wanita Produktif

Banyak penyebab terlambat datang bulan pada wanita yang belum banyak diketahui. Padahal hal tersebut mempengaruhi kesehatan tubuh dan organ yang ada pada wanita. Setiap wanita memiliki siklus haid yang tidak sama satu dengan yang lainnya namun pada umumnya siklus haid yang dialami wanita itu sekitar 21 hari sampai dengan 35 hari. Lalu mereka akan melalui masa Premenstrual Syndrom atau yang disebut PMS. Ini adalah masa sebelum haid datang, pada masa ini kadar hormon pada tubuh wanita berubah.

Datangnya PMS biasanya ditandai dengan beberapa perubahan fisik dan juga perubahan keadaan mental seorang wanita yang sangat signifikan. Beberapa perubahan fisik yang dapat dialami pada wanita yang sedang dalam masa PMS adalah memiliki masalah timbulnya jerawat pada wajah selain itu biasanya para wanita juga merasakan keluhan seperti sakit kepala dan juga perut yang terasa kembung.

Selain itu, perubahan kadar hormon pada wanita yang sedang dalam masa PMS bisa mempengaruhi keadaan mental seorang wanita yang juga dapat ditandai dengan perilaku yang sering uring-uringan sehingga sulit untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan suatu hal, emosi yang jadi lebih sensitif seperti lebih mudah marah atau menangis, memiliki nafsu makan yang meningkat lebih dari biasanya yang juga dapat mempengaruhi perubahan bentuk tubuh dan meningkatnya berat badan sampai obesitas. Hal tersebut juga dapat memiliki dampak lain yaitu mengurangi rasa percaya diri seorang wanita. Masa PMS yang dialami oleh wanita yang sudah menikah juga memiliki dampak yang sangat besar karena dapat menurunkan gairah seks. Hal-hal yang telah disebutkan diatas adalah tanda-tanda yang dapat terjadi pada kebanyakan wanita yang sedang dalam keadaan PMS.

Pola Hidup Pengaruhi Haid yang Tidak Teratur

Setelah melewati masa PMS, wanita akan mendapati datang bulannya dimana keluarnya darah dari saluran vagina karena runtuhnya dinding rahim yang tidak dibuahi. Siklus haid dan masa datang bulan dapat berubah-ubah seiring dengan pola hidup yang dijalani seorang wanita dan juga kondisi tubuhnya. Pola hidup yang tidak teratur dan tidak sehat dapat berdampak pada pembentukan hormon dalam tubuh sehingga hal ini juga dapat berpengaruh pada siklus haid yang menjadi lebih panjang atau terlambatnya datang bulan. Kondisi tersebut bisa terjadi pada para wanita yang jarang melakukan olahraga secara rutin, tidak memiliki asupan sehat dan bergizi setiap harinya, berat badan tubuh yang tidak ideal atau berlebih, mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang lama, pengunaan alat kontrasepsi, merokok ataupun meminum minuman beralkohol.

Faktor yang telah disebutkan diatas menjadi penyebab utama terjadinya terlambat datang bulan atau siklus haid yang tidak teratur. Jika anda mengalaminya, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memperbaikinya mulai dari sekarang dengan mengubah pola hidup yang anda jalani agar menjadi pola hidup yang lebih sehat. Terutama menjaga pola asupan makanan dan minuman yang dapat memenuhi gizi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu menjaga pola makan juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya obesitas yang sangat mempengaruhi kadar hormon. Melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terganggunya siklus haid pada wanita. Pemilihan alat kontrasepsi yang tepat juga harus dilakukan karena setiap wanita akan cocok dengan alat kontrasepsi yang berbeda-beda, anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter atau bidan.

Seperti salah satu contoh, untuk anda yang mengalami terlambat datang bulan dikarenakan kehamilan dan ingin menunda memiliki keturunan, silahkan hubungi kami melalui 0878 3900 5566

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *