Dunia Haid Remaja

0
311

Dunia Haid Remaja

Ketika beranjak dewasa, biasanya seseorang akan mengalami banyak sekali perubahan pada dirinya seperti perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh sehingga perawakan menjadi lebih berbentuk, pertambahan tinggi badan, perubahan pada jenis suara, perubahan hormone dalam tubuh sampai perubahan yang berhubungan dengan mental contohnya seperti mulai menyukai lawan jenis atau perubahan pada pola pikir. Hal itu bukan hanya dialami oleh remaja lelaki saja namun hal ini juga dapat terjadi pada remaja perempuan, banyak sekali perubahan yang dapat terjadi pada anak gadis yang sedang tumbuh menjadi remaja. Perubahan paling mendasar pada remaja wanita yang dapat dirasakan dengan jelas adalah kematangan organ tubuh dan hormone pada gadis tersebut yang ditandai dengan peristiwa datang bulan yang biasanya juga dibarengi dengan membesarnya ukuran payudara gadis tersebut.

Datang bulan merupakan peristiwa dimana seorang gadis akan mengalami perdarahan yang keluar dari saluran vagina. Perdarahan tersebut terjadi disebabkan oleh luruhnya dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. Datang bulan atau menstruasi ini akan terjadi setiap bulan dengan siklus kira-kira 21 sampai 35 hari namun setiap wanita akan memiliki siklus yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pada umumnya, remaja perempuan sudah mengalami siklus datang bulan yang lebih teratur pada usia sekitar 17 tahun. Maka dari itu, para gadis remaja ini sudah harus dibekali dengan pengetahuan seputar datang bulan yang cukup agar dapat mencegah hal-hal negatif yang mungkin dapat terjadi kedepannya. Salah satu manfaat memiliki pengetahuan tentang datang bulan adalah dapat mencegah terjadinya terlambat datang bulan bagi remaja. Karena mereka akan lebih apa yang sebaikya dilakukan sebagai seorang gadis agar menjadi remaja yang sehat

Remaja memiliki beragam aktifitas yang sangat memakan waktu mereka dan terkadang mereka menemui kesulitan dalam membagi waktu untuk melakukan berbagai kegiatan, melakukan olahraga, beristirahat, makan dan sebagainya. Biasanya karena kesibukan yang cukup padat ini, para remaja tidak mempertimbangkan asupan yang dimakan setiap harinya dan kebanyakan memilih makanan cepat saji karena terhambat oleh waktu. Padahal kesibukan yang padat sangat sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang karena dapat menimbulkan kelelahan dan stress yang berat. Bagi gadis remaja, hal tersebut sangat berpengaruh karena kelelahan dan stress dapat menghambat keluarnya darah menstruasi dan membuat siklus datang bulan menjadi lebih panjang. Maka dari itu, khususnya bagi gadis remaja, harus ditekankan bahwa kondisi tubuh yang prima sangatlah penting karena dapat mempengaruhi siklus datang bulan seorang wanita.

Oleh sebab itu, penting bagi gadis remaja untuk mengkonsumsi makanan yang penuh gizi setiap harinya dan minum air mineral yang cukup yaitu 2 liter per hari. Selain memilih asupan makanan, mereka juga harus melakukan olahraga yang rutin. Olahraga juga dapat membantu melancarkan proses keluarnya darah haid karena dengan berolahraga tubuh dapat menjadi lebih sehat sehingga organ tubuh juga dapat bekerja secara optimal. Sehingga dengan melakukan olahraga secara rutin dapat mengurangi kemungkinan terjadinya terlambat datang bulan khususnya pada gadis remaja karena dengan melakukan olahraga tubuh menjadi lebih baik dan juga dapat membantu produksi hormon dalam tubuh. Namun, jika terlambat datang bulan yang terjadi tidak disertai dengan kepadatan aktifitas atau sedang stress, kemungkinan ada sesuatu yang menghambat keluarnya darah haid. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk segera mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here