Apa Saja Sih Penyebab Telat Haid?

0
513
Apa Saja Sih Penyebab Telat Haid?

Apa Saja Sih Penyebab Telat Haid? Wanita yang dalam kondisi normal, akan merasakan terlambat datang bulan yang biasanya mulai dari pertama kali mengalami datang bulan pada sekitar umur 10 tahun. Namun hal tersebut akan terjadi berbeda-beda pada masing-masing wanita karena hal itu dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing-masing wanitanya itu sendiri. Panjang siklus datang bulan juga dapat berubah-ubah bahkan bisa juga lebih panjang. Terlambat datang bulan sering sekali dikaitkan dengan terjadinya kehamilan, namun tidak semua wanita yang mengalami terlambat datang bulan itu sedang mengalami pembuahan pada rahimnya. Berikut ada 7 penyebab telat haid kalau tidak hamil yang dapat anda ketahui.

Apa Saja Sih Penyebab Telat Haid?

  1. Kurang berolahragaJarang melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terlambat datang bulan. Ketika berolahraga, tubuh akan menjadi semakin sehat sehingga organ tubuh juga dapat bekerja secara optimal. Namun jika olahraga jarang dilakukan, organ tubuh jarang dilatih dan digunakan secara optimal maka cara kerjanya akan semakin menurun sehingga hal tersebut yang akan membuat tubuh menjadi tidak siap untuk melakukan aktifitas organ tubuh tertentu salah satunya proses terjadinya datang bulan pada wanita. Sebaiknya anda melakukan olahraga ringan yang dapat secara rutin dilakukan karena hal tersebut akan memiliki efek yang lebih baiki bagi tubuh anda
  2. Tidak mengkonsumsi nutrisi yang cukupTubuh membutuhkan berbagai nutrisi yang harus anda penuhi setiap hari seperti Lemak untuk menghasilkan energi, Protein untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak, Vitamin A, B,C, D dan K untuk mengatur fungsi organ tubuh dan sebagai sistem imun yang mencegah tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit,  Mineral untuk pemeliharaan tulang dan Air yang sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan segala proses kehidupan. Ketika nutrisi tidak terpenuhi, maka yang terjadi adalah menurunnya kualitas organ tubuh sehingga menyebabkan terhambatnya berbagai proses salah satunya proses datang bulan. Maka sangat dianjurkan bagi para wanita untuk selalu memakan makanan yang bergizi setiap harinya.
  3. Kurang istirahatKurangnya waktu istirahat sangat mempengaruhi produksi hormon, sehingga jika pola tidur anda tidak teratur, hormone yang dihasilkan juga tidak seimbang dan akan berdampak pada diklus datang bulan anda.
  4. Stress berlebihAdanya gangguan mental yang satu ini mengakibatkan tubuh tidak dapat bekerja secara optimal karena otak anda tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal tersebutlah yang mempengaruhi kadar hormone dalam tubuh menjadi tidak stabil, termasuk hormon yang membantu proses terjadinya datang bulan sehingga hal ini mengakibatkan terjadinya terlambat datang bulan.
  5. Terlalu gemuk/kurusPostur badan juga sangat mempengaruhi siklus datang bulan seseorang. Ketika seseorang terlalu kurus atau obesitas, tentunya kerja organ tubuh juga tidak dapat maksimal dan menimbulkan berbagai masalah salah satunya terlambat datang bulan.
  6. Sedang menyusuiPada ibu menyusui, kelenjar hipofisis membentuk hormone laktasi yang membuat dinding rahim tidak luruh dan tidak terjadi menstruasi.
  7. Mengkonsumsi obat tertentuObat-obatan tertentu yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengakibatkan terjadinya terlambat datang bulan.

Faktor-faktor tersebut yang dapat membuat seorang wanita mengalami terlambat datang bulan. Kebanyakan faktor yang disebutkan berkaitan dengan gaya hidup yang dijalani. Oleh sebab itu, diharapkan para wanita agar selalu menjaga kesehatan dengan menjalankan gaya hidup yang sehat. Sehingga dapat meminimalisir segala permasalahan kesehatan yang mungkin terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here